Connect with us


Kesehatan

Hati-hati…Inilah Bagian Daging Ayam Yang Beracun

Tidak dianjurkan untuk berlebihan mengkonsumsi beberapa bagian daging ayam/Foto: pixabay

GlobalReview-Jakarta-Siapa tak kenal menu makanan yang berasal dari ayam. Ayam diolah menjadi beragam model menu yang dihidangkan sebagai pendamping makanan pokok sehari-hari. Mulai dari anak kecil, dewasa hingga orang tua menyukai daging ayam. Namun sudah tahukah bahwa tidak semua dari bagian tubuh ayam tersebut bisa dikonsumsi.

Baca Juga: Pembelian Tiket Kereta Cepat Whoosh Dapat Dilakukan di BNI Mobile Banking

Alih-alih untuk menjadi asupan gizi bagi tubuh ternyata bisa mendatangkan malapetaka. Sejatinya ada bagian-bagian tubuh ayam yang tidak layak untuk dikonsumsi karena berpotensi mendatangkan penyakit tapi ada juga bagian ayam yang tak layak atau tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Telkom Masuk Jajaran Forbes World’s Best Employer

Dilansir dari mixernew, beberapa bagian dari tubuh ayam yang memiliki banyak parasit dan bakteri diantaranya adalah :

Paru-paru ayam.
Paru-paru ayam ini sebenarnya diisi dengan penuh parasit dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Sekalipun sudah dimasak dengan suhu yang tinggi namun hanya sebagian yang sensitif terhadap suhu tinggi itu artinya masih banyak bakteri yang tahan panas yang masih menumpuk di paru-paru ayam. Ketika dikonsumsi oleh tubuh maka akan terasa tidak enak, dan walaupun tidak menimbulkan reaksi yang cepat tetapi ada resiko tersembunyi karenanya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi paru-paru ayam karena dalam jangka panjang akan menimbulkan penyakit.

Baca Juga: Summarecon Expo 2023, Persembahan Karya Terbaik Bagi Konsumen Properti Indonesia

Ekor ayam/Brutu
Semua orang tahu bahwa ekor ayam adalah tempat mengeluarkan kotoran penuh dengan parasit dan bakteri yang berkumpul. Selain itu brutu ayam ini mengandung kelenjar penghasil minyak yang membuat kandungan lemak pada bruto ayam menjadi tinggi. Ketika dikonsumsi maka dalam jangka waktu lama juga akan menimbulkan penyakit.

Kepala dan Leher ayam
Ketika ayam masih hidup ayam sering memakan apa saja bahkan makanan yang tidak begitu sehatpun dimakannya. Ayam yang makannya dengan cara mematuk dari tanah atau tempat makannya memungkinkan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaannya yang kemudian berkumpul di leher ayam atau kepala ayam dan sulit disaring. Ketika dikonsumsi oleh tubuh berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi dikonsumsi dalam ukuran yang banyak. Karenanya sebisa mungkin untuk tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi kepala ayam.

Baca Juga: Wakil Menteri BUMN Dukung Langkah Optimis TelkomGroup Menjadi Pemain Terbesar Bisnis Data Center di Regional

Dilansir dari chickin.id tidak dianjurkan juga untuk mengkonsumsi terlalu banyak bagian ayam seperti : ceker ayam yang mengandung lemak jenuh yang tinggi; jeroan ayam yang mengandung banyak senyawa purin dan lemak jenuh serta kolesterol tinggi dan kulit ayam yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi.

Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengkonsumsi daging ayam cukup dipilah yang terbaik bagi anda semua ada ukuran dan takarannya.*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Kesehatan