Connect with us


Ekonomi Makro

Dirut PT Pembangunan Sulteng, Kartino Pitojo Paparkan Keunggulan Investasi dan Potensi Sulteng

Direktur Utama, PT Pembangunan Sulteng, Kartino Pitojo/Foto: ig@sultengvibes

GlobalReview-Palu-Bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulteng, saat perjamuan menyambut kedatangan rombongan Duta Besar Kerajaan Maroko Ouadia Benabdellah, Kamis, 31/8/23, Direktur Utama PT Pembangunan Sulteng, Kartino Pitojo @kartinopitojo memaparkan keunggulan investasi dan potensi Sulteng yang cukup menjanjikan utamanya di bidang energi,mineral,logam lewat Kadis ESDM, potensi destinasi wisata dan situs budaya dan perwakilan dari Bandara untuk pengembangan kedepan. Pemaparan ini bertujuan juga untuk menarik minat investasi dan meningkatkan kerjasama antara Pemprov Sulsel dengan Kerajaan Maroko.

Baca Juga : Dubes Maroko Sambangi Sulteng, Jajaki Peluang Investasi Energi dan Wisata

Dilansir dari akun instagram @sultengvibes, pemaparan yang dilakukan pemimpin utama perusahaan daerah Sulteng tersebut adalah salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kerjasama dan minat investasi Kerajaan Maroko di provinsi seribu megalith ini.

“Moment persaudaraan antara Provinsi Sulawesi Tengah dan Kerajaan Maroko terjadi di Gedung Pogombo Kota Palu. Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyambut kedatangan Duta Besar Kerajaan Maroko Ouadia Benabdellah.Untuk meningkatkan kerjasama Pemprov memaparkan keunggulan daerah ini lewat Dirut @ptpembangunan_sulteng Bapak @kartinopitojo. Peluang investasi disektor energi,mineral,logam lewat Kadis ESDM, potensi destinasi wisata dan situs budaya dan perwakilan dari Bandara untuk pengembangan kedepan,”tulis akun ini.

Baca Juga : Punya Target Rp62,9 Triliun Portofolio Hijau, BNI Siap Showcasing di AIPF

Dalam perjamuan itu, rombongan Dubes Maroko untuk Indonesia tersebut di hibur dengan tarian khas setempat dan kedua pimpinan itu saling bertukar cinderamata. “Dubes Maroko dihibur dengan penampilan tarian Torompio dan diakhiri dengan bertukar cinderamata antara Pemprov Sulteng & Kerajaan Maroko,” masih dalam tulisan akun instagram tersebut.

Baca Juga : Platform Agree Milik Telkom Dukung Optimalkan Hasil Panen Budi Daya Rumput Laut di NTT

Masih dalam rangkaian kunjungan Dubes Maroko, di malam harinya dilakukan jamuan makan malam yang dihadiri perwakilan dari jajaran pemerintahan daerah dan Kartino Pitojo sebagai Pimpinan Perusahaan Daerah bersama tim. Lokasi Jamuan makammalam di Bukit Indah Doda yang menyajikan view indah Kota Palu. Suasana yang begitu akrab dengan menikmati menu makanan lokal terjadi di momen ini.

Baca Juga : SIG Gunakan Suku Cadang UMKM untuk Substitusi Produk Impor

Berdasarkan catatan pemerintah daerah Sulteng, pada triwulan I tahun 2023 Sulteng berhasil mencatat realisasi investasi sebesar 29,82 triliun yang berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 28,84 triliun (96,71 persen) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) 0,98 triliun (3,29 persen). Salah satu sektor yang menjadi andalan adalah sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya, yang menyumbang nilai realisasi investasi terbesar, yakni 23,26 triliun (80,65 persen).*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Ekonomi Makro